Kutu Air: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Canesten
Kutu Air: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan | Canesten - Kaki perempuan bersih dan sehat sedang melangkah di atas kolam setelah perawatan Canesten

Kutu air

Kutu air bisa dialami oleh siapa saja. Bahkan, kutu air tidak hanya menyerang atlet saja. Maka dari itu, Anda perlu tahu gejalanya dan cara menangani yang tepat. Ketahui juga penyebab kutu air yang paling umum untuk menghindarinya.

Kutu air (tinea pedis) juga biasa disebut dengan athlete’s foot. Kutu air adalah infeksi jamur kulit yang biasanya menyerang kaki. Umumnya, penyebab kutu air adalah jamur bernama dermatofit. Gatal kutu air merupakan efek dari jamur tersebut. Jamur ini biasanya tumbuh di tempat yang lembab dan hangat. Tempat-tempat seperti kamar mandi dan ruang ganti. Kutu air di kaki juga bisa muncul karena jamurnya tumbuh di sepatu dan kaos kaki. Bisa juga di kaki yang berkeringat. Seringkali, jamur ini ditemukan di sela-sela jari kaki. Kadang, bagian samping dan telapak kaki juga terserang jamur ini. Selain itu, terkadang ada juga kutu air di tangan.

Gejala Kutu Air

Cara mengobati kutu kutu air bisa dilakukan dengan mengetahui gejalanya. Dengan mengetahui gejala tersebut, Anda bisa tahu sedang terjadi infeksi kutu air. Gejala tersebut berbeda-beda dan mungkin tidak sama pada setiap orang. Apalagi, ada kutu air ditangan dan juga di kaki. Namun, Anda bisa mengenalinya, dengan mengamati kulit Anda.

Berikut gejala kutu air yang paling umum:

  • Area jari kaki dan sekitarnya terasa gatal serta ada sensasi terbakar
  • Kondisi kulit menjadi kasar dan sangat kering, juga bisa pecah-pecah serta mengelupas
  • Di antara jari kaki, kulit terbelah, melembut atau terlihat memutih
  • Kulit pecah-pecah di antara jari atau telapak atau tumit kaki
  • Mengalami bau kaki

Terkadang kutu air parah juga ditandai dengan gejala berikut:

  • Kulit yang melepuh
  • Terjadi peradangan pada area kulit yang kondisinya pecah-pecah
ikon dokter wanita Canesten

Memahami Kutu Air

Lebih memahami penyakit kutu air, dapat membantu mengatasi dan menghilangkan kutu air. Sampai, kutu air menghilang sepenuhnya. Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan, yaitu kutu air memiliki sifat yang mudah sekali menular. Kontak langsung ataupun permukaan yang terkontaminasi, bisa menularkan infeksi kutu air dengan mudah. Kemudian, kalau tak diobati, maka kutu air bisa kembali muncul. Gatal kutu air ini bisa menyebar ke area tubuh Anda yang lain. Dapat juga menulari orang tercinta yang ada di sekitar Anda. Maka dari itu, Anda perlu memahami cara mengobati kutu air dengan tepat.

pria sedang mengikat tali sepatu setelah perawatan kutu air Canesten

Mengobati Kutu Air

Pengobatan efektif untuk mengatasi kutu air adalah dengan menggunakan obat antijamur. Obat ini dijual secara bebas di apotek, toko obat dan juga secara online.

Krim antijamur topikal, seperti krim Klotrimazol misalnya, bisa menjadi cara pengobatan yang mudah dan efektif. Krim tersebut bisa mengobati jenis jamur, yang menjadi penyebab utama penyakit kulit kutu air.

Apabila terjadi peradangan akibat kutu air, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan cara mengobati kutu air yang tepat. Biasanya, Anda akan diberi terapi menggunakan antijamur, yang dikombinasikan dengan kortikosteroid ringan.

                                            L.ID.MKT.CC.04.2021.1623

Temukan produk Canesten®️

Mencegah Kutu Air

Ikon kaki Canesten

Jaga kaki agar tetap kering setelah mandi, berenang, atau beraktivitas yang menimbulkan keringat.

iIkon dua kaus kaki bersih Canesten

Perhatikan kebersihan alas kaki dan juga kaos kaki yang digunakan. Pilih sepatu yang memiliki sirkulasi udara agar kaki tidak lembap.

ikon memotong dan membersihkan kuku kaki Canesten

Potong kuku kaki dengan rutin untuk menghindari infeksi jamur.

Fakta Tentang Kutu Air

Ikon pria Canesten

Kutu air merupakan penyakit akibat infeksi jamur yang dialami oleh 70% populasi dunia. Yang paling berisiko mengalami kutu air adalah orang tua dan laki-laki.

ikon jari menyentuh Canesten

Kutu air bisa menular melalui kontak langsung. Berhati-hatilah saat beraktivitasi di tempat umum yang mengharuskan untuk telanjang kaki seperti pemandian umum.

ikon obat Canesten

Kutu air bisa sembuh lebih cepat jika segera diobati. Pengobatan dengan krim antijamur harus dilakukan minimal 2 minggu untuk hasil maksimal.