Infeksi Jamur di Selangkangan & Cara Mengatasinya | Canesten - Pria tersenyum dengan kaus putih senang setelah perawatan gatal di bagian selangkangan setelah menggunakan Canesten

Apa itu jamur selangkangan, dan bagaimana cara mengatasinya

Ketahui apa itu infeksi jamur di selangkangan dan penyebabnya. Pelajari tentang pengobatan, gejala, dan pencegahan infeksi jamur di selangkangan.

Apa yang dimaksud infeksi jamur di selangkangan (jock itch/tinea cruris)?

Penyakit apa yang mudah menyerang seperti kutu air, tetapi jauh lebih mengganggu? Jawabannya adalah infeksi jamur di selangkangan, juga dikenal sebagai tinea cruris; infeksi jamur kulit ini disebabkan oleh sekelompok jamur bernama dermatofit.

Infeksi kulit ini menyerang area selangkangan: kelamin, bagian paha dalam dan atas, serta bokong. Infeksi jamur selangkangan seringkali menyebabkan ruam melingkar merah dan gatal yang muncul di kulit. Dikarenakan dermatofit dapat menyebar dengan mudah akibat garukan, Anda lebih berisiko mengalami infeksi jamur selangkangan jika mengidap kutu air atau infeksi jamur kuku. Pada umumnya, dermatofit tidak membahayakan kulit, rambut, dan kuku, tetapi dapat berkembang biak dengan cepat serta menyebabkan infeksi ketika berada di lingkungan lembap dan hangat, contohnya apabila Anda memakai pakaian basah.

Infeksi jamur di selangkangan (Jock Itch) sering menyerang pria dan remaja laki-laki karena kelembapan dapat terjadi di antara skrotum dan paha. Infeksi ini sering juga dialami atlet karena mereka banyak berkeringat, juga memakai pakaian ketat dan basah untuk jangka waktu yang lama. Jika kelebihan berat badan, Anda juga cenderung mudah berkeringat. Namun, infeksi jamur di selangkangan dapat menyerang semua orang karena mudah menular. Anda dapat tertular melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, tapi juga dapat melalui handuk, pakaian yang terkontaminasi dan dari menyentuh bagian tubuh lain yang terinfeksi, seperti kaki.

Penyebab umum infeksi jamur selangkangan:

  • Memakai pakaian ketat dan iritasi pada kulit

  • Area selangkangan lembap akibat berkeringat

  • Membiarkan baju basah terlalu lama

  • Menggunakan handuk atau pakaian basah secara bergantian

  • Berdekatan dengan orang yang terinfeksi jamur di selangkangan

Gejala Infeksi Jamur di Selangkangan

Infeksi jamur di selangkangan dapat sangat mengganggu, memalukan, dan menyebalkan tapi penting bagi Anda untuk mengenali gejalanya agar dapat segera dilakukan pengobatan. Infeksi ini sering dimulai dengan ruam merah yang gatal dengan bagian pinggir yang meninggi di area selangkangan, dan kadang menyakitkan. Ruam kemudian akan menyebar dari lipatan pangkal paha dalam bentuk bulan setengah ke area paha atas. Gejala lainnya termasuk:

  • Sensasi terbakar sekitar area infeksi

  •  Kulit mengelupas dan kering,

  •  Kulit bersisik, bercak di kulit berwarna merah atau kecoklatan

Infeksi jamur di selangkangan alias tinea cruris ini juga dapat menyebar ke bagian paha dalam dan kelamin (menyebabkan gatal di penis, skrotum, labia atau pembukaan vagina) dan juga anus.

Anda perlu menemui dokter jika ruam tidak kunjung membaik setelah 7 hari pengobatan. Anda juga perlu meminta saran dokter jika infeksi jamur di selangkangan muncul kembali dalam beberapa minggu setelah pengobatan dengan obat antijamur.

pemuda  yang tersenyum berdiri dengan percaya diri dan mengenakan kaos putih, bahagia setelah perawatan gatal di selangkangan dengan Canesten

Mengatasi infeksi jamur di selangkangan

Pastikan Anda mengobati infeksi jamur selangkangan secepat mungkin setelah mendapati gejala untuk mencegah agar infeksi tidak menyebar. Jika tidak, infeksi dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Anda dapat dengan efektif mengobatinya di rumah menggunakan obat jamur kulit yang dijual bebas contohnya krim antijamur yang mengandung Klotrimazol.

Mengobati infeksi jamur selangkangan? Langkah berikut ini dapat membantu Anda menghilangkannya lebih cepat:

  • Cuci area yang terinfeksi secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat

  • Keringkan area terinfeksi secara menyeluruh setelah mandi dan olahraga

  • Ganti pakain luar dan pakaian dalam setiap hari.

  • Gunakan pakaian yang longgar

  • Selesaikan langkah pengobatan sepenuhnya, bahkan jika infeksi terlihat sudah membaik.

pria berotot dengan handuk putih di leher senang setelah perawatan ruam panas Canesten

Pencegahan infeksi jamur di selangkangan

Menjaga kebersihan dapat membantu mencegah infeksi jamur di selangkangan. Selalu ingat untuk mencuci tangan dengan benar setelah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi jamur, menyentuh area terinfeksi jamur, seperti kutu air, atau setelah mengoleskan obat pada area terinfeksi jamur. Kutu air disebabkan oleh jamur yang sama penyebab infeksi jamur di selangkangan, jadi jika memiliki kutu air, Anda perlu segera mengobatinya untuk mencegah penyebaran ke area selangkangan.

Tips lain mencegah tertular jock itch/tinea cruris termasuk:

  • Memakai pakaian longgar ketika olahraga dan hindari menggunakan bahan sintesis

  • Pastikan area selangkangan tetap bersih dan kering, terutama setelah mandi atau olahraga

  • Pilih pakaian dalam berbahan katun dan ganti setiap hari

          L.ID.MKT.CC.04.2021.1623

  • Ganti handuk secara ruti dan hindari menggunakan handuk yang tersedia di tempat umum

  •   Gunakan handuk berbeda untuk area terinfeksi dan sisa bagian tubuh lainnya

  • Jangan meminjamkan barang pribadi, pakaian, atau handuk