Penyebab & Cara Mengatasi Kadas/Kurap | Canesten
Penyebab & Cara Mengatasi Kadas/Kurap | Canesten

Cara Atasi Kurap yang Mengganggu

Kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan biasa ditemukan pada tangan maupun punggung. Saat kurap menyerang, rasa gatal yang mengganggu akan membuat tidak nyaman yang bahkan mengganggu aktivitas dan juga penampilan. Kabar baiknya, infeksi jamur ini bisa diatasi dengan melakukan tips dan cara menghilangkan kadas di artikel ini. Namun sebelum itu ketahui dulu info seputar kurap berikut.

Apa itu kadas? 

Kadas atau kurap merupakan penyakit akibat infeksi kelompok jamur dermatofit, misalnya saja tinea corporis yang umum ditemukan di area tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya. Gejala kadas yang muncul biasanya adalah ruam kemerahan berbentuk lingkaran dengan bagian putih di tengahnya seperti cacing yang melingkar sehingga disebut juga dengan ringworm (1). Penyakit kulit ini sangat menular jadi penting untuk menjaga kesehatan diri dan mengenali penyebab kurap agar bisa lebih berhati-hati.

Jika saat ini kamu atau orang terdekat kebetulan mengalami kadas atau kurap yang mengganggu kenyamanan dan penampilan, ada baiknya mencoba beberapa tips mudah ini untuk mengatasi dan meredakan gejala yang dirasakan. Berikut informasi lengkapnya.

Cara Alami Mengurangi Efek dari Kadas (Kurap)

Kondisi dan karakteristik kulit orang memang tidak sama. Namun beberapa bahan alami di bawah ini dapat membantu merekondisi kulit dan menekan pertumbuhan jamur penyebab kadas kurap sehingga rasa gatal bisa berkurang. Bahan alami tersebut diantaranya adalah lidah buaya, minyak kelapa, sereh, dan bawang putih (6)

Satu hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan kulit menjadi hal mutlak saat kamu terinfeksi kadas ataupun kurap (1). Pastikan sudah membersihkan bagian yang terinfeksi dengan air dan sabun kemudian keringkan dengan sempurna (5) sebelum melakukan langkah perawatan dengan bahan alami berikut. Menjaga kebersihan merupakan upaya untuk mencegah infeksi jamur meluas ke area kulit lainnya. 

Mengatasi Kadas dengan Pengobatan

Pada kasus tertentu, penyebaran kadas dan kurap lebih efektif bila diatasi dengan pengobatan. Hal ini penting dilakukan supaya jamur penyebabnya tidak menyebar ke area lain dan bahkan ke orang terdekat. Dan lagi, kadas yang dibiarkan lama bisa memicu gangguan kesehatan lainnya termasuk bekas luka, kebotakan bila jamur menginfeksi kulit kepala dan juga perubahan bentuk kuku. Berikut ini adalah beberapa jenis pengobatan yang bisa dicoba.

  • Obat jamur topikal
    Obat jamur topikal atau yang berbentuk krim bisa digunakan disamping menggunakan bahan-bahan alami di atas. Kamu bisa memilih krim antijamur dengan kandungan klotrimazol 1% yang terbukti ampuh meredakan gejala kadas dalam waktu 3-4 minggu, dan membunuh jamur kelar sampai ke akar, dengan pemakaian teratur yaitu 2 sampai 3 kali sehari. Obat topikal ini dapat dibeli bebas di apotek (2).
  • Obat oral
    Selain obat topikal, obat oral juga mungkin diberikan terutama jika kadas sudah terjadi dalam waktu lama dan pada level parah. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan ke dokter supaya kadas tidak semakin memburuk dan menular. Dokter umumnya akan meresepkan obat minum (oral)  dan terapi obat oral ini biasanya memakan waktu 1-3 bulan (3).

    Perawatan alami yang dikombinasikan dengan obat akan mempercepat penyembuhan dan memastikan jamur penyebab kurap hilang secara menyeluruh. Hal ini penting agar menghindari reinfeksi di kemudian hari. Namun bila kadas tidak juga membaik setelah perawatan, lakukan pemeriksaan lebih lanjut di dokter kulit untuk mendapatkan diagnosa ulang.

L.ID.MKT.CC.04.2021.1623

Referensi:

  1. Ringworm Risk & Prevention. Diakses pada 22 Agustus 2021 dari https://www.cdc.gov/fungal/diseases/ringworm/risk-prevention.html

  2. Ringworm: Symptoms, Pictures, Treatments, Diagnosis & More. Diakses pada 22 Agustus 2021 dari https://www.healthline.com/health/ringworm#causes

  3. Ringworm Treatment, diakses pada 22 Agustus 2021 dari https://www.aad.org/public/diseases/a-z/ringworm-treatment

  4. Ringworm. Diakses pada 22 Agustus 2021 dari https://www.nhs.uk/conditions/ringworm/

  5. Home Remedies for Ringworm. Diakses pada 22 Agustus 2021 https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-ringworm

  6. Home Remedies for Ringworm. Diakses pada 22 Agustus 2021 dari https://www.medicalnewstoday.com/articles/320911