Penyebab & Cara Mengatasi Kadas/Kurap | Canesten - Wanita muda dengan rambut panjang dengan jaket denim biru tersenyum setelah perawatan Canesten

Mengatasi Kadas/Kurap dengan Tepat

Ketahui apa itu kadas/kurap, penyebabnya, bagaimana cara penyebarannya, dan siapa saja yang dapat tertular. Pelajari tentang gejala umum, pengobatan, dan pencegahan kadas/kurap.

Apa itu kadas/kurap?

Kadas/kurap merupakan infeksi jamur kulit yang disebabkan oleh sekelompok jamur bernama dermatofit yang juga bertanggungjawab atas berbagai infeksi jamur di kulit lainnya. Memiliki nama medis tinea corporis, kadas/kurap merupakan infeksi jamur yang terjadi pada permukaan paling luar kulit. Biasanya gejala kurap/kadas muncul ditandai dengan ruam merah atau pucat yang mungkin kasar, kering, bengkak, atau gatal. Bercak yang disebabkan infeksi ini berbentuk menyerupai cacing yang melingkar sehingga dikenal dengan nama ringworm. Lingkaran ini biasanya membesar ketika semakin parah, sementara bagian tengah akan kembali pulih dan berwarna kulit normal. Kadas/kurap dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah atau kepala yang dapat menyebabkan kebotakan sebagian.

Bagaimana cara kadas/kurap menyebar?

Kadas/kurap bersifat menular, dan Anda dapat tertular melalui kontak fisik dengan objek yang terkontaminasi seperti seprai, sisir, handuk, orang yang terinfeksi, hewan, atau -dalam kasus langka- melalui tanah yang terinfeksi. Kadas/kurap dapat juga menyebar dari dan ke bagian berbeda di tubuh. Infeksi pada umumnya menyebar pada anak, dan juga muncul pada orang yang memelihara kucing dan anjing. Hewan dapat mengidap kadas/kurap dan menularkan pada manusia melalui sentuhan.

Siapa yang dapat mengidap kadas/kurap?

Jamur penyebab kadas/kurap dapat dengan mudah masuk ke permukaan kulit paling luar ketika melembut dan basah karena terlalu lama terekspos air, atau jika Anda memiliki luka ringan atau lecet. Anda juga lebih berisiko jika menggunakan toilet atau kolam renang umum, karena jamur hidup di lingkungan lembap dan hangat. Anda juga dapat mengidap kadas/kurap jika mengguanakan sisir atau pakaian secara bersamaan dengan orang yang terinfeksi.

Gejala kadas/kurap

Gejala kadas/kurap tidak selalu sama dan bergantung pada tingkat keparahan. Kadas/kurap juga dapat berubah bergantung pada area tubuh yang terinfeksi. Anda perlu tahu bahwa kadas/kurap mungkin tidak disadari secara langsung.

Anda mungkin mengidap kadas/kurap jika mendapati gejala:

  • Bercak melingkar disertai ujung merah yang meninggi dan bagian tengah yang memutih pada kulit.

  • Kulit kasar dan gatal.

  • Ruam dengan ujung kasar dan berwarna merah (peradangan)

  • Kulit meninggi dan lecet (gejala dari infeksi kurap yang lebih parah)

  • Terdapat beberapa lingkaran kurap (gejala dari infeksi yang parah)

  • Peradangan yang disertai nanah (gejala dari infeksi yang parah)

wanita muda yang tersenyum dengan rambut gelap mengenakan kemeja putih, bahagia setelah perawatan kurap Canesten

Mengatasi kadas/kurap

Lebih baik segera mengobati kadas/kurap karena infeksi dapat menyebabkan komplikasi. Pertama, jika tidak dirawat, kadas/kurap dapat menyebar ke area lain di tubuh. Kedua, Anda mungkin membuat orang lain berisiko tertular infeksi. Ketiga, kadas/kurap dapat menyebabkan komplikasi yang merugikan seperti kebotakan, bekas luka, dan kelainan bentuk kuku.

Karena kadas/kurap di kulit merupakan infeksi jamur, Anda perlu mempertimbangkan obat anti jamur sebagai pengobatan terbaik. Anda dapat memilih krim atau obat semprot tergantung letak ruam muncul di tubuh. Pengobatan kadas/kurap menggunakan krim antijamur contohnya yang mengandung Klotrimazol dengan waktu tiga sampai empat minggu dan harus dioleskan 2-3 kali setiap hari.

Penting untuk diingat bahwa pengobatan perlu dilakukan secara menyeluruh, bahkan jika gejala kurap terlihat sudah hilang.

Kapan harus konsultasi masalah kadas/kurap ke dokter? 

Sebaiknya konsultasikan ke dokter bila gejala kurap/kadas tidak membaik setelah menggunakan obat antijamur selama tujuh hari berturut-turut. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter bila terdapat kadas/kurap di kulit kepala atau bila daya tahan tubuh Anda lemah.

Bagi ibu hamil atau lanjut usia (lansia) konsultasikan dengan dokter untuk penggunaan obat antijamur. Dokter juga bisa merekomendasikan pengobatan alternatif lain.

Mencegah kadas/kurap

Kadas/kurap sulit untuk dicegah karena jamur penyebabnya cukup mudah menyebar dan ditemui. Namun, Anda dapat mengurangi risiko penularan atau penyebaran kadas/kurap pada orang lain jika menjalankan kebiasaan bersih dan sehat. Berikut beberapa tips yang dapat membantu:

  • Cuci tangan dengan rutin, terutama setelah melakukan kontak dengan hewan

  • Jaga kebersihan area umum yang sering terjadi kontak, bersihkan dengan disinfektan, dan juga area tempat hewan peliharaan

  • Hindari memegang, menggosok, dan menggaruk area terinfeksi untuk mencegah penyebaran ke bagian tubuh lain

  • Hindari menggunakan pakaian, handuk, sikat, dan barang pribadi secara bersamaan dengan orang lain jika mengidap kadas/kurap

          L.ID.MKT.CC.04.2021.1623

  • Gunakan sandal saat mandi atau berjalan di tempat umum
  • Jika Anda atau orang sekitar mengidap infeksi dan menunjukan gejala kurap, berikan edukasi mengenai risikonya, termasuk apa itu kadas/kurap, yang perlu diperhatikan, dan cara menghindarinya.

  • Ganti pakaian dalam setelah berenang atau olahraga